Fungsi dan peranan kantor Depan Hotel(Front Office)
Hampir semua kegiatan yang ada di front office berhubungan dengan
tamu,baik secara langsung maupun tidak langsung.Karena itu front office
memiliki peranan penting dalam operasi sebuah hotel.Seperti dikatakan
oleh Valen (1985:24),dalam bukunya Check-in check-out,Principles of
Effective Front Management, bahwa Front office adalah :
It is indeed the heart and the hub and the nerve center of guest activity (Sesungguhnya front office adalah jantungHampir se,dan pusat dari segala macam kegiatan para tamu).
Peranan Kantor Depan Hotel
Dalam operasi sehari-hari,Front office mempunyai macam-macam peran.Peran ini penting untuk memperlancar kegiatan hotel dan menjalin kerjasama erat antar departemen.
It is indeed the heart and the hub and the nerve center of guest activity (Sesungguhnya front office adalah jantungHampir se,dan pusat dari segala macam kegiatan para tamu).
Peranan Kantor Depan Hotel
Dalam operasi sehari-hari,Front office mempunyai macam-macam peran.Peran ini penting untuk memperlancar kegiatan hotel dan menjalin kerjasama erat antar departemen.
Struktur organisasi di kantor depan atau Front Office Hotel
dipengaruhi oleh besar atua kecilnya hotel, banyak atau sedikitnya
jumlah karyawan serta system operasional yang digunakan di hotel.
Berikut
ini adalah deskripsi pekerjaan di bagian kantor depan :
1)
Deskripsi Pekerjaan Front Office Manajer
Tugas pokok dari Front Office adalah :
a) Menyeleksi, menempatkan, melatih, dan mengevaluasi karyawan
front office
b) Memastikan bahwa semua staff di front office
menguasai sistem komputer hotel, etika menerima telepon, dan standard
operasional yang ada di hotel
c) Menjaga keharmonisan kerja
dengan penjualan dan pemasaran tentang harga kamar
d) Menyambut
tamu VIP
e) Menangani keluhan tamu yang tidak bisa diselesaikan
oleh bawahannya
f) Membuat laporan bulanan tentang daftar tamu,
tingkat hunian maupun keuntungan dan kerugian di bagian kantor depan
g) Menjaga kedisiplinan petugas kantor depan dengan memberikan
peringatan dan sanksi bagi yang melanggar ketentuan
h)
Meningkatkan kualitas dan prestasi karyawan yang berprestasi denagn
memberikan penghargaan
i) Membuat budget tahunan, menganalisis
operasi, dan pendapatan hotel secara harian dari sisi pendapatan dan
rata – rata harga kamar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar